Motto

Firman-Mu itu Pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Jumat, 07 September 2012

Doa Keluarga


Mohon berkat Tuhan hari ini

(    BERDOALAH  SLALU  &  TETAP  MENGUCAP  SYUKUR  AKAN  APA  YANG DITERIMA HARI INI  ) .  JANGANLAH ENGKAU JENUH-JENUH  BERDOA , JANGANLAH PERNAH MENYERAH  
 "Berilah, maka akan diberikan kepadamu; Carilah, maka kamu akan mendapat; Ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu." ( Matius 7:7 )

"Doa yang sungguh-sungguh dari orang benar memiliki kekuatan yang besar dan menghasilkan hasil yang luar biasa ( Yakobus  5 : 16 ).   Sungguh-sungguh berarti "IntensKuat dan Sepenuh hati." Itulah yang Tuhan inginkan dari kita .



1.   DOA PAGI

Allah dan Bapa, kami berterima kasih kepada-Mu karena hari yang baru ini. berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat, dan cinta yang ikhlas. Semoga segala perkataan yang akan kami ucapkan hari ini, dan segala perbuatan kami, menyenangkan hatimu. Bimbinglah kami dengan Roh-Mu, agar dalam segala tingkah laku kami semakin serupa dengan Yesus Kristus Putra-Mu. Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang kami jumpai hari ini. semoga dalam pergaulan dengan mereka kami menunjukkan kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Kami akan berusaha menerima suka dan duka dengan hati yang tabah. Santa Maria, Bunda Yesus, jagailah kami anakmu. Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.


2.  MOHON BERKAT ATAS PEKERJAAN
Allah yang Mahakuasa, sebelum menghadapi pekerjaan kami, kami mohon berkat-Mu. Pimpinlah hati dan tangan kami, agar dalam Dikau kami memulai dan menyelesaikannya. Semoga segala kesulitan tidak melemahkan kami, dan hasilnya tidak menyesatkan kami. semoga usaha kami menambah kemuliaan-Mu, dan berguna bagi sesama kami. Semua jerih payah yang akan kami jumpai, kami persatukan dengan pengurbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama Engkau, kini dan sepanjang masa. Amin.

3. DOA SEBELUM MAKAN I
Makan bersama Keluarga
Ya Tuhan, berkatilah kami dan segala pemberian yang akan kami terima dari kemurahan-Mu. Demi Kristus pengantara kami. Amin. Tuhan, kasihanilah kami. Kristus, kasihanilah kami. Tuhan, kasihanilah kami. Bapa kami, Raja kemuliaan yang kekal, semoga memberi kami tempat dalam perjamuan Surgawi. Amin.

4  DOA SEBELUM MAKAN II
Ya, Bapa, kami sekeluarga berkumpul disini untuk menikmati hidangan yang telah tersedia. Berkatilah kami dan karunia-Mu ini agar berguna bagi kami untuk senantiasa berbakti kepada-Mu. Berkatilah mereka yang menyiapkan makanan ini, bantulah saudara-saudara kami yang kekurangan.

5.  DOA SESUDAH MAKAN I
Allah Mahabaik, Engkau menjaga seluruh makhluk ciptaan-Mu. Bukalah mata hati kami terhadap kebutuhan dan penderitaan yang kami jumpai. Ya Bapa, berilah makanan secukupnya kepada semua saudara yang berkekurangan. Amin.

  DOA SESUDAH MAKAN II
Bapa yang Mahapengasih, kami mengucap syukur atas makanan ini, dan atas cinta kasih mereka yang sudah menghidangkannya. Berkatilah mereka dan semua orang yang menaruh perhatian pada kesejahteraan sesama manusia. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Renungan malam
7. DOA MALAM I
Ya Tuhanku dan Allahku, aku berlutut di hadapan-Mu dan bersembah sujud kepada-Mu, Raja tertinggi. Aku mengucapkan syukur kepada-Mu atas segala kemurahan, terlebih atas pemeliharaan-Mu pada hari yang lalu. Datanglah hai Roh Kudus, terangilah budiku supaya aku mengetahui dosa-dosaku, dan berilah aku rahmat-Mu, supaya aku dapat menyesal sungguh atas dosa-dosaku itu. (Sela.) Allah yang Maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku, sebab patut aku Engkau hukum, terutama sebab aku telah menghina Engkau yang Mahamurah dan Mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah ampunilah aku orang berdosa. Malaikat Allah, engkau yang diserahi tugas untuk melindungi aku: terangilah, lindungilah, bimbinglah, dan hantarkanlah aku. Amin. (Salam Maria tiga kali dengan disusul:) Engkau yang terkandung tanpa noda, ya Maria, sucikanlah badanku dan kuduskanlah jiwaku. Ya Tuhan berilah aku berkatmu, lindungilah aku terhadap segala yang jahat, dan bimbinglah aku kepada kehidupan yang kekal. Amin. Semoga jiwa kaum beriman beristirahat dalam ketentaraman 
karena kerahiman Tuhan. Amin.

8. DOA MALAM II
Tuhan Allah kami pada malam hari ini kami menghadap Engkau untuk berterima kasih atas penyelengaraan-Mu. Kami hanyalah manusia biasa. Hidup kami mengenal untung dan malang, suka dan duka. Ampunilah kami bila pada hari ini kami lupa akan Dikau. Maafkanlah kami, bila pada hari ini kami telah melukai hati orang lain dengan perkataan dan perbuatan yang melanggar cinta kasih. (hening sejenak…….) Tuhan, Putra-Mu Kauutus ke dunia ini sebagai terang yang menghalau kegelapan. Kami berdoa bagi semua orang yang berada dalam kegelapan: mereka dapat menerima kabar gembira putra-Mu. Tuhan, berilah kami hati yang damai dan malam yang tenang. Semoga esok hari kami bangun dengan tenaga dan semangat yang baru. Amin.

9.  PENYERAHAN KELUARGA KEPADA TUHAN YESUS

Tuhan Yesus, Engkau menguduskan hidup berkeluarga dengan hidup sendiri dalam keluarga santo Yusuf di Nazaret. Kami sekeluarga berkumpul di hadapan-Mu untuk membarui penyerahan seluruh keluarga kami kepada-Mu, raja dan pusat segala hati. Kami mohon: tinggallah di rumah kami ini, dan kuasailah kami. semoga rumah kami merupakan pusat kehidupan pengikut Kristus, di mana kami mengasihi Allah Bapa dengan segenap hati dalam persaudaraan dengan dikau, Putra Allah dan gembala hati kami. Ya, Yesus Kristus, semoga kami hidup menurut pedoman Injil-Mu, rukun, bijaksana, sederhana, dengan sayang menyayangi, hormat-menghormati, tolong-menolong dengan sukahati. Berilah supaya keramahan dan cinta kasih, semangat pengorbanan, kerajinan, dan penghasilan yang cukup selalu berada dalam keluarga kami. Semoga keluarga kami memegang peranan yang terhormat di dalam masyarakat, dan menjadi garam serta terang bagi keluarga-keluarga di sekitar kami. Berkatilah kami agar janganlah seorang diantara kami menjauh dari padaMu, satu-satunya sumber kebahagiaan kami. Dikau kami puji bersama Bapa dan Roh Kudus, sekarang dan selama-lamanya. Amin.

     10. MENDOAKAN ANAK

   Ya, Allah, Bapa setiap insan, Engkau tahu bahwa kami sangat menyayangi anak-anak kami, dan berusaha sungguh-sungguh membahagiakan mereka, sebab memang itulah tanggung jawab kami. Kami mohon, ya Bapa, lindungilah anak-anak kami, dan bimbinglah supaya selalu hidup baik. Jangan Kaubiarkan mereka jauh dari pada-Mu karena terbujuk dosa. Teguhkanlah hati mereka, jangan sampai terpengaruh oleh kebiasaan jahat, apalagi sampai melanggar perintah­-Mu. Restuilah kami, supaya dapat menanamkan dalam hati mereka semangat cinta akan Gereja dan kesucian, agar sejak kecil mereka tahu mengabdi Engkau. Jagalah kesehatan mereka, dan lindungliah mereka terhadap segala mara bahaya. Semoga mereka selalu setia kepada-Mu, sehingga kelak Kauperkenankan berbahagia di Surga selamanya. Dan akhirnya, jiwa raga serta suka dan duka mereka kami percayakan kepada-Mu, Allah yang Mahabijaksana dan Mahapengasih. Amin.

      11. MENDOAKAN ORANGTUA

      Bapa di Surga, saya gembira sekali karena Engkau memberi ayah dan ibu yang baik serta sayang pada saya. Mereka membesarkan saya, selalu melindungi saya, dan memberi saya makanan serta pakaian. Karena itu, saya berterima kasih kepada-Mu. Tolonglah ayah ibu saya setiap hari, supaya selalu adil dan bijaksana dalam mendidik dan membesarkan kakak, adik-adik dan saya sendiri. Berilah supaya ayah ibu selalu sehat, dan saya selalu patuh kepada mereka. Ya Yesusku, dalam derita-Mu di Taman Zaitun Engkau dikecewakan oleh para rasul: mereka tidak mau berjaga bersama Engkau; dan waktu Engkau ditangkap, mereka lari meninggalkan Dikau seorang diri. Tolonglah keluarga kami, supaya saling membantu dalam pekerjaan, saling menghibur dalam kesusahan, dan saling menguatkan dalam penderitaan, sehingga kami semua tetap bersatu padu, rukun, dan setia satu sama lain. Akhirnya, ya Yesus yang manis, tinggallah pada kami selalu. Amin.
Dikutip dari doa harian agama kristen katolik
di www.catholic.org on line
print & Arr. by. Mewa’a sihura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar